Sebagaimana kita ketahui bahwa jikalau tidak ada software maka sebuah perangkat keras hanyalah sebuah barang rongsokan tidak berguna. Karena Software sanggup di ibaratkan semacam otak dari semua perangkat keras (Hardware). Software Komputer yakni kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya sanggup di mengerti oleh komputer. Software Komputer ini berangsur-angsur mengalami peningkatan atau perubahan dari tahun ke tahun dalam perkembangannya.
Berdasarkan perkembangannya, Teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila instruksi-instruksi tertentu telah di berikan kepadanya. Intruksi-instruksi tersebut disebut dengan perangkat lunak (software). Intruksi-instruksi perangkat lunak di tulis oleh insan untuk mengaktifkan fungsi dari perangkat keras computer.
Sejarah Software Aplikasi dan klasifikasinya |
Perangkat lunak secara umum sanggup dibagi menjadi 2 yaitu perangkat lunak system dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak system sanggup dibagi lagi menjadi 3 macam yaitu:
1. Bahasa Pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur&algoritma yang di rancang insan ke dalam format yang sanggup dijalankan computer,contoh bahasa pemprograman: BASIC, COBOL, Pascal, C++,FORTRAN.
2. System Operasi : dikala computer pertama kali dihidupkan ,system operasilah yang pertama kali dijalankan,sistim operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanajemen penggunaan memory dan menunjukkan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, teladan system operasi: DOS, UNIX, Windows 95, IBM OS/2, Apple’s system.
3. Utility : system operasi merupakan perangkat lunak system dengan fungsi tertentu, contohnya pemerikasaan perangkat keras(hardware troubleshooting), menilik disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi,defrag), teladan utility yakni Norton utility
Baca Juga :
Perangkat lunak bahasa sanggup dikategorikan menjadi:
1. Assembler (perakit) : merupakan kegiatan yang dipakai untuk menterjemahkan kegiatan aplikasi yang ditulis dengan bahasa rakitan (assembly language) atau bahasa pemprogaman simbolik menjadi bahasa mesin.
Dengan bahasa simbolik, masing-masing kode operasi mesin tidak ditulis dengan bentuk bilangan biner, tetapi dengan suatu kode simbolik tertentu yang disebut dengan mnemonic. Program yang ditulis dengan bahasa simbolik disebut dengan kegiatan sumber (source program) dan hasil terjemahannya dalam bentuk bahasa mesin disebut dengan kegiatan objek (object program=OBJ). Proses pembuatan kegiatan obyek dari kegiatan sumber juga akan menapilkan daftar keslahan-kesalahan sintaks (jika ada) yang dibentuk oleh pemprogram. Kesalahan ini harus dibetulkan terlebih dahulu sebelum di proses lebih lanjut.
Walau penulisan kegiatan dengan bahasa simbolik lebih gampang dibanding dengan bahasa mesin, tetapi harus dirasakan kesulitan alasannya penulis kegiatan harus :
2. Compiler : menterjemahkan setiap kode didalam suatu kegiatan sekaligus sama dengan assembler dan menghasilkan dengan kegiatan objek yang selanjutnya di link sehingga menghasilkan file exe. Contoh perangkat lunak bahasa mirip ini yakni pascal, c++, dan masih banyak lagi.
3. Interpreter : menterjemahkan kode satu persatu dan pribadi di proses sebelum komputer membaca kode selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan kegiatan obyek maupun file exe. Contoh untuk ini yakni : basic versi baku, dbase, dan sebagainya.
Sejarah aplikasi perangkat lunak (Software)
Sistem operasi dengan perangkat lunak (software) tidak di tunjukkan untuk menuntaskan permasalahan dalam aplikasi tertentu yang dihadapi oleh pemakai komputer. Program yang ditunjukan untuk menuntaskan suatu permasalahan dalam aplikasi tertentu di sebut kegiatan aplikasi atau kegiatan paket. Ada dua cara untuk sanggup mendapat kegiatan aplikasi yang di butuhkan yaitu dengan mengembangkan sendiri (sangat sulit dan perlu keahlian khusus) atau membelinya (mudah).
Saat ini aneka macam program-program aplikasi yang tersedia di pasaran. Program-program ini sanggup diandalkan, sanggup memenuhi kebutuhan pemakai, dirancang dengan baik, relatif bebas dari kesalahan, gampang dipakai (user friendly), memiliki dokumen yang memadai dan didukung oleh purna jual yang baik. Program-program paket ini di gunakan untuk menuntaskan masalah-masalah umum mirip menciptakan dokumen (word star, microsoft word), menciptakan slide presentasi (ms power point), penerbitan (adobe page maker), mengelola gambar (adobe photoshop) dsb. Akan tetapi bila kita memiliki permasalahan yang sifatnya khusus dan unik sehingga tidak ada paket-paket kegiatan yang sesuai untuk digunakan, maka dengan terpaksa harus dikembangkan kegiatan aplikasi sendiri, contohnya kegiatan sistem SKS universitas, kegiatan sistem keuangan perusahaan, dll.
Baca Juga :
Mungkin uraian di atas masih banyak kurang nya, tapi setidaknya bagi yang belum tahu jadi sedikit mengerti wacana Sejarah software komputer. Semoga bermanfaat..
Sumber http://teknologi-mu.blogspot.com/
2. System Operasi : dikala computer pertama kali dihidupkan ,system operasilah yang pertama kali dijalankan,sistim operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanajemen penggunaan memory dan menunjukkan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, teladan system operasi: DOS, UNIX, Windows 95, IBM OS/2, Apple’s system.
3. Utility : system operasi merupakan perangkat lunak system dengan fungsi tertentu, contohnya pemerikasaan perangkat keras(hardware troubleshooting), menilik disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi,defrag), teladan utility yakni Norton utility
Baca Juga :
Perangkat lunak bahasa sanggup dikategorikan menjadi:
1. Assembler (perakit) : merupakan kegiatan yang dipakai untuk menterjemahkan kegiatan aplikasi yang ditulis dengan bahasa rakitan (assembly language) atau bahasa pemprogaman simbolik menjadi bahasa mesin.
Dengan bahasa simbolik, masing-masing kode operasi mesin tidak ditulis dengan bentuk bilangan biner, tetapi dengan suatu kode simbolik tertentu yang disebut dengan mnemonic. Program yang ditulis dengan bahasa simbolik disebut dengan kegiatan sumber (source program) dan hasil terjemahannya dalam bentuk bahasa mesin disebut dengan kegiatan objek (object program=OBJ). Proses pembuatan kegiatan obyek dari kegiatan sumber juga akan menapilkan daftar keslahan-kesalahan sintaks (jika ada) yang dibentuk oleh pemprogram. Kesalahan ini harus dibetulkan terlebih dahulu sebelum di proses lebih lanjut.
Walau penulisan kegiatan dengan bahasa simbolik lebih gampang dibanding dengan bahasa mesin, tetapi harus dirasakan kesulitan alasannya penulis kegiatan harus :
- Mengetahui susunan serta fungsi dari masing-masing register di dalam cpu.
- Mengetahui dengan persis cara alokasi memori komputer yang di gunakan
- Mengetahui fungsi-fungsi yang di sediakan oleh OS.
2. Compiler : menterjemahkan setiap kode didalam suatu kegiatan sekaligus sama dengan assembler dan menghasilkan dengan kegiatan objek yang selanjutnya di link sehingga menghasilkan file exe. Contoh perangkat lunak bahasa mirip ini yakni pascal, c++, dan masih banyak lagi.
3. Interpreter : menterjemahkan kode satu persatu dan pribadi di proses sebelum komputer membaca kode selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan kegiatan obyek maupun file exe. Contoh untuk ini yakni : basic versi baku, dbase, dan sebagainya.
Sejarah aplikasi perangkat lunak (Software)
Sistem operasi dengan perangkat lunak (software) tidak di tunjukkan untuk menuntaskan permasalahan dalam aplikasi tertentu yang dihadapi oleh pemakai komputer. Program yang ditunjukan untuk menuntaskan suatu permasalahan dalam aplikasi tertentu di sebut kegiatan aplikasi atau kegiatan paket. Ada dua cara untuk sanggup mendapat kegiatan aplikasi yang di butuhkan yaitu dengan mengembangkan sendiri (sangat sulit dan perlu keahlian khusus) atau membelinya (mudah).
Saat ini aneka macam program-program aplikasi yang tersedia di pasaran. Program-program ini sanggup diandalkan, sanggup memenuhi kebutuhan pemakai, dirancang dengan baik, relatif bebas dari kesalahan, gampang dipakai (user friendly), memiliki dokumen yang memadai dan didukung oleh purna jual yang baik. Program-program paket ini di gunakan untuk menuntaskan masalah-masalah umum mirip menciptakan dokumen (word star, microsoft word), menciptakan slide presentasi (ms power point), penerbitan (adobe page maker), mengelola gambar (adobe photoshop) dsb. Akan tetapi bila kita memiliki permasalahan yang sifatnya khusus dan unik sehingga tidak ada paket-paket kegiatan yang sesuai untuk digunakan, maka dengan terpaksa harus dikembangkan kegiatan aplikasi sendiri, contohnya kegiatan sistem SKS universitas, kegiatan sistem keuangan perusahaan, dll.
Baca Juga :
Mungkin uraian di atas masih banyak kurang nya, tapi setidaknya bagi yang belum tahu jadi sedikit mengerti wacana Sejarah software komputer. Semoga bermanfaat..
0 Response to "Sejarah Software Aplikasi Dan Klasifikasinya"
Posting Komentar